Catatan

Dibiarkan Sendiri


ALLAH mengaruniakan kepada kita, orang tua yang perhatian, saudara yang baik, teman yang hebat. Sehingga kita merasa nyaman berada di antara mereka. 

Namun, pernahkah kita merasakan kesendirian yang teramat sangat? Bahkan di tempat yang ramai sekalipun? Saya sering. Sangat sering. 

Saat kita dalam kesulitan dan membutuhkan bantuan, terkadang tidak ada siapa-siapa di sana. Bahkan untuk sekedar teman mendengarkan pun, tidak ada. Satu persatu, menjauhi. Sibuk dengan urusannya. Sampai-sampai kadang kita bergumam bahwa yang namanya teman itu tidak ada! yang ada hanya orang-orang yang hanya datang disaat mereka butuh dengan kita. iya, dan itulah yang aku alami dan kurasakan akhir-akhir ini.

tapi setelah berpikir, sepertinya bukan. bukan karena mereka tidak lagi peduli. Bukan! Lantas mengapa? Mengapa kita dibiarkan sendiri dengan kesulitan dan kebingungan kita? Mungkin itu salah satu cara Allah untuk mengingatkan kita kepadaNya, bahwa saat seluruh manusia pergi, Allah masih tetap menemani. Saat tidak ada manusia yang bisa membantu, selalu ada pertolongan Allah yang teramat dekat.Terkadang kita lupa, ketika kita nyaman dan akhirnya cenderung memiliki ketergantungan yang besar terhadap manusia, maka Allah membiarkan kita sendiri, agar kembali tersadar, bahwa hanya Dia-lah tempat bergantung. 

Tidak salah meminta bantuan kepada manusia, akan tetapi perlu diingat bahwa setiap manusia punya keterbatasan, punya kelemahan. Sehingga terkadang hanya tinggal kita sendiri. 

Mungkin kita tidak akan “dibiarkan” sendiri, bila kita senantiasa ingat padaNya. Susah ataupun senang. Tapi seringnya tidak demikian.
Ah betapa Maha Baiknya Allah. Ketika kita sebagai manusia sering melupakanNya, Allah tidak serta merta melupakan kita juga. Allah mengingatkan untuk kembali mengingatNya. Karena hanya dengan mengingatNya, hati menjadi tenang.

Semua yang ada di bumi itu akan binasa, tetapi wajah Tuhanmu yang memiliki kebesaran dan kemuliaan tetap kekal,” (QS. Ar-Rahman: 26-27).

Makassar, 07 oktober 2013

Tulisan lainnya

Apa komentar kamu? :D

Back to top button
Close